Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

7 Risiko Kesehatan Yang Mengintai Jika Terlalu Sering Makan Mie Instan Dicampur Nasi

04 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Bahaya Makan Mie Instan Pakai Nasi

1. Mengganggu Fungsi Pankreas

2. Asupan Karbohidrat Jadi Berlebihan

3. Membuat Perut Makin Buncit

4. Meningkatkan Risiko Diabetes

5. Meningkatkan Risiko Obesitas

6. Meningkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

7. Berpotensi Merusak Organ Hati

Tips Makan Mie Instan Agar Lebih Bernutrisi

Sumber Referensi

Makan mie instan pakai nasi memang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, perpaduan antara gurihnya mie instan dengan nasi yang begitu nikmat sungguh sangat menggoda. Menjadikannya favorit bagi banyak kalangan. Selain itu sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang beranggapan, perut tidak akan kenyang apabila belum makan nasi.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sebagian orang lebih suka makan mie pakai nasi. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati karena kebiasaan ini ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Bahaya Makan Mie Instan Pakai Nasi

Setiap merek mie instan memiliki bahan yang berbeda, namun kebanyakan dari mereka memiliki bahan yang sama dan sering digunakan. Mengutip dari Healthline, mayoritas mie instan tinggi sodium, kalori, protein, karbohidrat, lemak, dan beberapa mikronutrien. Sehingga mie instan dapat menyebabkan efek samping seperti di bawah ini, bila dikonsumsi setiap hari.

1. Mengganggu Fungsi Pankreas

Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa mengganggu fungsi organ pankreas. Organ yang biasanya memproduksi hormon insulin, akan lebih bekerja keras saat tubuh mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan gula. Sehingga lama kelamaan, fungsi pankreas bisa terganggu dan mengalami kerusakan apabila kamu masih sering makan mie instan pakai nasi.

2. Asupan Karbohidrat Jadi Berlebihan

Mie instan dan nasi merupakan makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat. Saat kamu mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, maka bisa merasa sangat kenyang. Perasaan kenyang secara berlebihan membuat kebutuhan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh menjadi sulit dipenuhi. Tubuh juga perlu nutrisi lainnya, seperti mineral, protein, dan lemak. Sehingga ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh bisa membuatmu berisiko mengalami malnutrisi.

3. Membuat Perut Makin Buncit

Orang yang suka mengonsumsi karbohidrat berlebihan dan tidak diimbangi dengan olahraga, maka berpotensi memiliki perut buncit. Kondisi ini bisa saja terjadi karena lemak jenuh semakin menumpuk di dalam tubuh. Apabila tidak ditangani, maka berat badanmu bisa naik dan risiko berbagai penyakit berbahaya menjadi tinggi.

4. Meningkatkan Risiko Diabetes

Bahaya makan mie instan pakai nasi selanjutnya dapat meningkatkan risiko diabetes. Seperti penjelasan yang sebelumnya, organ pankreas akan bekerja keras untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa dengan adanya bantuan insulin.

Apabila kondisi ini terus dibiarkan dalam jangka waktu panjang, maka pankreas bisa mengalami kerusakan dan menyebabkan diabetes. Diabetes merupakan sebuah kondisi medis yang terjadi akibat pankreas tidak bisa memproses gula dengan baik. Hasilnya, kamu sering mengantuk setelah makan, lebih cepat lelah, bahkan menyebabkan munculnya darah pada urine.

5. Meningkatkan Risiko Obesitas

Penumpukan lemak atau obesitas berlebih di dalam tubuh, terjadi akibat makan mie instan pakai nasi secara berlebihan. Terutama, jika kamu tidak mengonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin, protein, dan nutrisi penting lainnya.

Penting diketahui, karbohidrat kapan saja bisa dipecah menjadi lemak saat masuk ke dalam tubuh. Apabila kamu tidak pernah berolahraga atau berusaha menurunkan berat badan, maka risiko obesitas menjadi semakin tinggi.

6. Meningkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Kandungan natrium pada mie instan juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi, apalagi bila dikonsumsi secara rutin. Apabila kebiasaan makan mie dengan nasi tidak dihentikan, maka bukan tidak mungkin tekanan darah tinggi dapat menyerang. Kondisi ini akan membahayakan kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

7. Berpotensi Merusak Organ Hati

Karbohidrat berlebih di dalam tubuh juga bisa berubah menjadi zat lainnya. Misalnya saja, jika tubuh kamu kekurangan lemak, maka dapat mengubah karbohidrat menjadi lemak. Nantinya, proses lemak ini bisa dipindahkan ke organ hati sebagai sistem pendukung untuk metabolisme pencernaan. Kondisi ini juga berbahaya jika lemak yang menumpuk di dalam organ hati termasuk lemak jahat.

Tips Makan Mie Instan Agar Lebih Bernutrisi

Daripada makan mie pakai nasi, sebaiknya kamu menambahkan berbagai bahan lain untuk membuat mie lebih bernutrisi. Ternyata tidak sulit menjadikan mie instan lebih bernutrisi.

Kamu hanya perlu menambahkan berbagai macam telur, sayur, atau daging sebagai pelengkap dan mengganti bumbu mie instan dengan menggunakan bumbu rempah-rempah.

Meskipun belum dapat dianggap sebagai makanan sehat, setidaknya bahan lain dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Mulai saat ini, tinggalkan kebiasaan makan mie dengan nasi untuk mencegah masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Sumber Referensi


Fadli Adzani. 2021. Apakah Makan Mie Pakai Nasi Berbahaya bagi Kesehatan? [online] (https://www.sehatq.com/artikel/apakah-makan-mie-pakai-nasi-berbahaya-bagi-kesehatan di akses 2 Januari 2023)

Riska Herliafifah. 2020. Makan Mie Instan Pakai Nasi, Sehat atau Tidak? [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/makan-mie-pakai-nasi-sehat-tidak/ di akses 2 Januari 2023)

Ariska Puspita Anggraini. 2021. Waspadai Dampak Buruk Makan Mie Instan Pakai Nasi [online] (https://health.kompas.com/read/2021/08/30/120000668/waspadai-dampak-buruk-makan-mie-instan-pakai-nasi?page=all di akses 2 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya