Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Art Yoga Studio, Berlatih Asana Yoga dari Dasar dengan Detail

16 August 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Berlatih di Studio yang Nyaman dengan Guru Berpengalaman

Manfaat yoga untuk kesehatan memang tak perlu diragukan. Sudah banyak kalangan yang membuktikannya sejak berabad-abad lalu. Mulai dari meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh juga sederet manfaat lainnya.

Seiring berkembangnya zaman, yoga juga semakin berkembang dan mendunia. Alhasil, tak dapat dipungkiri jika pengaruh dari berbagai kebudayaan juga memunculkan beragam jenis yoga dengan bermacam-macam variasi gerakan seperti sekarang.

Kondisi ini bisa jadi membuat penasaran bahkan bingung para pemula. Saat kamu baru akan mencoba yoga untuk pertama atau kedua kalinya, bisa jadi kamu bingung mana jenis yoga yang paling pas dan sesuai dengan dirimu.

Jika kamu berkunjung ke studio yoga biasanya pemula sering dianjurkan untuk mulai dengan mengikuti kelas Hatha Yoga. Selain lembut, gerakan dalam kelas hatha yoga juga cenderung santai jadi mudah diikuti.

Nah, bagi kamu yang baru mulai menjajal yoga, bisa berkunjung ke Art Yoga Studio. Studio ini menjadi salah satu rekomendasi tempat yoga yang cocok untuk pemula. Lokasinya berada di Jalan Sena nomor 134-A, Komplek Cemara Asri Medan.

Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengunjungi dan berbincang langsung dengan salah satu instruktur Art Yoga Studio, Miss Elizabeth. Ia menceritakan jika Art Yoga Studio merupakan salah satu bentuk bantuan sosial yang dijalankan oleh Vihara Maitri (Jalan Gandi nomor 90-92 Kota Medan) sedari delapan tahun lalu sejak tahun 2014.

Menurutnya, siapa saja bisa bergabung dan berlatih yoga disini, baik itu perempuan maupun laki-laki tanpa memandang usia, tua maupun muda. Tak perlu khawatir cedera karena di Art Yoga Studio ini, latihan yogamu akan didukung dengan berbagai macam property (alat bantu). Jadi kamu bisa melakukan tiap asana (gerakan) dengan aman.

"Semua yoga sebenarnya sama, namun sarananya saja yang berbeda. Tergantung dari orang yang melakukan yoga, ingin mendapatkan manfaat seperti apa. Nanti untuk gerakan-gerakan pasti bisa menyesuaikan, jangan takut badannya nggak fleksibel, takut ini atau takut itu, dicoba dulu memahami badannya," papar Miss Elizabeth.

Art Yoga Studio cocok untuk kamu yang ingin berlatih dan mempelajari gerakan yoga dari dasar. Di sini instruktur fokus pada cara melakukan gerakan dengan aman. Latihan yoga kamu akan dibimbing instruktur yoga bersertifikat dengan pengalaman mengajar yang professional. Instruktur akan membimbing kamu memaksimalkan tiap asana yang dipraktekkan. Kemudian membahas asana secara mendalam agar kamu tidak hanya paham cara melakukannya saja. Namun juga mengetahui manfaat dari tiap-tiap asana yang dilakukan untuk kesehatan tubuhmu.

"Murid akan diajarkan satu-persatu sampai bisa melakukan gerakan yoga. Karena diajarkan satu persatu, jadi kamu bisa mendalami setiap gerakannya dengan lebih detail," tambahnya.

Semua instruktur di Art Yoga Studio mengerti pentingnya proses belajar, instruktur akan mendorong murid untuk latihan dengan cara menginspirasi murid tersebut. Sehingga tidak ada tekanan namun lebih memprioritaskan terhadap peningkatan kesadaran, awareness terhadap diri sendiri.

"Ketika berlatih yoga, selalu saya tekankan kepada murid untuk tidak diskriminatif. Seluruh asana harus disukai karena memang setiap asana punya manfaat yang berbeda-beda mengingat struktur tubuh tiap orang juga berbeda-beda. Nah, bila sampai beberapa kali belum bisa melakukan gerakan tersebut, bakasana misalnya. Instruktur akan tetap mengajarkannya secara bertahap. Tidak boleh diskriminatif karena memang tubuh setiap orang berbeda-beda." ujarnya.

"Jika dipaksa semua harus bisa bakasana, maka tujuan dari yoga itu sendiri, untuk mengembangkan harmoni antara tubuh, pikiran, dan lingkungan sekitar tidak akan tercapai. Apalagi untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan, yang ada nanti malah cedera," ujarnya.

Berlatih di Studio yang Nyaman dengan Guru Berpengalaman

Untuk membuat suasana latihan yoga kamu semakin nyaman, Art Yoga Studio menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, ruangan yang nyaman serta area untuk parkir kendaraan. Kamu juga akan menemukan banyak alat (properti) yoga untuk digunakan ketika berlatih.

Pertama, kamu akan disambut oleh barisan tali kurunta yang berderet menggantung di dinding. Lalu kumpulan yoga block yang tersusun rapi dan beberapa kursi, jenisnya seperti kursi lipat. Kemudian ada selimut, yoga belt dan bolster. Tujuan penggunaan properti ini selain untuk mencapai ketepatan asana secara maksimal juga sekaligus meminimalkan potensi cedera.

Kamu bisa berlatih yoga di Art Yoga Studio baik di pagi maupuan sore hari. Untuk sore hari, tersedia jadwal latihan dari Senin sampai Jumat pukul 14.00-17.30 WIB. Sementara untuk pagi hari, jadwal latihan hanya tersedia di hari Selasa hingga Kamis pukul 09.00-10.30 WIB. Silahkan kunjungi instagram Art Yoga Studio di akun @art.yoga.studio untuk melakukan reservasi kelas.

Sementara itu untuk membership, masa aktif dan harga yang di tawarkan juga cukup beragam. Mulai dari 8 kali pertemuan sampai 12 kali pertemuan. Untuk 8 kali pertemuan kamu wajib mengeluarkan budget sekitar Rp. 400.000 saja. Sedangkan, 12 kali pertemuan kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp. 500.000.

Biasanya, untuk satu sesi latihan akan berlangsung selama 1-1,5 jam dengan maksimal 15 orang per sesi. Selain itu, Art Yoga Studio juga menyediakan kelas privat dan menerima undangan event dari perusahaan (by appointment).

Menariknya lagi, Art Yoga Studio juga mengadakan tour tahunan untuk para member. Tour diisi dengan kegiatan yoga bersama sembari berlibur di sejumlah tempat wisata populer di Indonesia. Ini dilakukan selain agar para member semakin nyaman, juga untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar sesama member yang bergabung di Art Yoga Studio.

Nah, untuk memaksimalkan latihan yogamu, pastikan untuk memilih yoga mat yang tepat. Kamu dapat memilih corak dan warna sesukamu, namun ada serangkaian kriteria yang tidak boleh disepelekan. Ini karena yoga mat fungsinya bukan sekedar sebagai alas saja.

Pilihlah yoga mat yang empuk dengan bahan non-slip untuk menghindari kaki kamu tergelincir ketika berkeringat. Kamu juga sangat dianjurkan memilih yoga mat dengan ketebalan 3 mm hingga 5 mm. Ini berguna sekali untuk melindungi lutut kamu dari benturan langsung dengan lantai. Kamu dapat menemukan yoga mat dengan kriteria tersebut di https://nirvanastore.id/

Jadi, kapan kamu mulai yoga? Yuk jemput tubuh sehat dan bugarmu sekarang!

article

Artikel Terkait Lainnya