Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Ananda Marga Medan, Beryoga Untuk Realisasi Diri Lebih Baik Lagi

20 July 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengenal Yoga Ananda Marga

Pelayanan Yoga Sebagai Terapi Untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Sejalan dengan makin populernya yoga, beragam variasi jenis yoga juga semakin bertambah. Bisa dibilang yoga merupakan salah satu olahraga paling kreatif. Ini karena yoga bisa dikembangkan dengan menggunakan berbagai medium tanpa mengurangi manfaat yang akan di dapatkan. Kamu bisa melihat contohnya pada flying yoga atau aqua yoga. Masing-masing menggunakan ayunan kain (hammock) dan kolam renang untuk memaksimalkan latihan.

Manfaat yoga untuk kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Biasanya pemula sering dianjurkan untuk mulai dengan mengikuti kelas Hatha Yoga. Gerakannya yang cenderung santai membuat semua orang relatif bisa mengikutinya.

Di Medan sendiri, ada banyak studio yang bisa dikunjungi untuk berlatih yoga. Masing-masing menawarkan fasilitas dan memiliki keistimewaannya tersendiri. Salah satunya seperti di Yoga Ananda Marga Medan yang berlokasi di CBD (Central Bussiness District) Polonia Blok G 83-84 Medan.

Sedari awal, Yoga Ananda Marga Medan konsisten untuk menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin menimba maupun berbagi ilmu yang berkenaan dengan yoga dan meditasi.

Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengunjungi dan berbincang langsung dengan Didi Ananda Shubhada. Didi mengatakan jika rutin berlatih meditasi dan yoga akan ada banyak manfaat yang kelak bisa diperoleh.

"Yoga itu bukan sekedar exercise yang akan membantu fisik kita sehat (bergerak dan fokus). Namun juga membuat kita lebih sadar terhadap emosi yang sebenarnya dirasakan. Kita akan terbantu untuk mengenali dengan baik intuisi, emosi dan suara hati. Kelak ketika penerimaan diri sudah baik, kita pun akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi," jelasnya.

Ia berharap lewat Yoga Ananda Marga Medan semakin banyak orang bukan hanya berlatih yoga dan sekedar merasakan manfaatnya. Namun juga meningkatkan rasa peduli dan kasih sayang kepada orang lain.

"Yoga adalah salah satu sistem perawatan kesehatan yang berfokus pada tubuh, pikiran, dan jiwa. Praktek yoga membantu kita untuk mencapai kesatuan jiwa, raga, dan pikiran. Sehingga kita dapat berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan secara sadar lewat sikap positif," katanya.

Untuk mengikuti kelas yoga di Ananda Marga Medan, kamu cukup berdonasi sebesar Rp. 400.000 saja perbulan untuk 8 kali pertemuan. Namun jika tidak bisa berdonasi, Ananda Marga Medan tak mempermasalahkannya. Kamu tetap bisa berlatih yoga disini.

Jika sewaktu-waktu kamu tidak bisa hadir secara langsung karena suatu kesibukan namun tidak ingin melewatkan kelas, maka kamu bisa memilih opsi lainnya yaitu mengikuti kelas meditasi dan yoga secara online. Untuk berpartisipasi kamu pun cukup berdonasi sebesar Rp. 100.000 saja per bulannya. Cukup terjangkau bukan?

Nah, untuk melakukan reservasi, berdonasi atau sekedar melihat update jadwal latihannya, kamu bisa mengunjungi Instagram Yoga Ananda Marga di akun @anandamarga_medan.

Suasana latihannya juga nyaman sebab Yoga Ananda Marga Medan menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, ruangan dengan Wi-Fi, serta area untuk parkir kendaraan.

Saat memasuki ruangan, kamu bukan hanya akan menemukan yoga mat atau yoga block saja. Namun juga akan menemukan beberapa alat musik seperti gitar dan drum/gendang kayu. Penggunaan alat-alat musik ini dipakai untuk menambah khidmatnya suasana agar lebih tenang dan damai.

Biasanya sebelum kelas yoga dimulai, akan dilakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan latihan pernafasan sederhana (diaphragm breathing). Setelah itu barulah masuk ke asana dan pemijatan.

Asana yang dipraktekkan juga cenderung lembut dan santai. Namun ini bukan jenis Hatha Yoga melainkan Rajadhiraja Yoga. Bedanya, Rajadhiraja Yoga hanya memiliki 42 asana dan dipraktekkan dalam kecepatan yang relatif lambat.

Selain itu tiap asana akan diulang beberapa kali dengan cara yang sistematis. Pengulangan ini bertujuan untuk merangsang fungsi organ-organ internal dan sistem saraf sekaligus menyeimbangkan sekresi hormon. Keduanya bagus untuk menciptakan suasana hati dan pikiran yang damai.

Selanjutnya adalah relaksasi atau corpse pose (Savasana). Fungsinya tentu untuk membuat setiap bagian tubuh betul-betul total beristirahat usai melakukan asana. Latihan akan di tutup lewat meditasi universal dengan mantra "Baba Nam Kevalam" yang kadang kala dipraktikkan sembari memainkan alat-alat musik di atas.

Untuk diketahui, mantra berasal dari kata "Man" berarti fikiran dan "Tra" berarti membebaskan. Mantra "Baba Nam Kevalam" merupakan perpaduan suara antara alam semesta dan tubuh manusia; disebut juga sebagai sound of chakra. Chakra sendiri merupakan titik pusat pengontrol energi pada tubuh manusia. Mantra "Baba Nam Kevalam" yang berasal dari Bahasa Sansekerta dianggap sebagai representasi pengaliran/pelepasan energi ke dalam tubuh.

Kamu pun juga akan di bekali ilmu seputar pola hidup sehat, tuntunan hidup yang bukan hanya bisa menjaga keharmonisan dengan diri sendiri saja. Namun juga keharmonisan dengan lingkungan dan orang lain disekitar, yang disebut Yama dan Niyama.

"Murid juga akan dibekali dengan pedoman hidup untuk bahagia lewat tehnik meditasi. Ada 6 tahapan meditasi yang merupakan praktek dari Rajadhiraja Yoga yang akan di pelajari. Nah, istimewanya teknik meditasi Rajadhiraja Yoga ini akan diajarkan langsung oleh Dada/Didi secara personal. "Ini bertujuan agar manfaatnya bisa maksimal dirasakan murid dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Jadi secara keseluruhan pelaksanaan latihan yoga di Ananda Marga Medan menyatukan antara gerakan tubuh, konsentrasi, dan pernafasan. Praktik ini konon cenderung disukai sebab bisa sekaligus dijadikan sebagai ajang relaksasi diri. Khususnya untuk membuat tubuh stabil kembali dari padat dan penatnya aktivitas sehari-hari.

Mengenal Yoga Ananda Marga

Ananda Marga merupakan sebuah organisasi sosial dan spiritual dengan motto Realisasi Diri dan Pelayanan Kemanusiaan. Kata "Ananda Marga" diterjemahkan dari Bahasa Sanskerta yang berarti "Perlintasan Menuju Kebahagiaan Sejati". Ananda Marga berdiri sejak tahun 1955 dan didirikan oleh Shrii Shrii Anandamurti, seorang guru spiritual ternama dari India. Hingga hari ini, Ananda Marga sudah menyebar hampir ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, Ananda Marga mulai diperkenalkan pada tahun 1980 dan sampai sekarang telah menyebar ke berbagai daerah. Mulai dari Jakarta (pusat), Cirebon, Bandung, Bandar Lampung, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, Mataram, Lombok, Batam, Jambi, Medan, dan daerah lainnya.

Selain menjalankan pelatihan yoga dan meditasi, sampai sekarang para biarawan (Dada) dan biarawati (Didi) dari Ananda Marga terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menjalankan berbagai kegiatan sosial. Bentuk kegiatannya pun beragam, ada yang lewat program bantuan bencana alam, mendirikan rumah singgah, panti asuhan, panti jompo, dan lainnya.

Pelayanan Yoga Sebagai Terapi Untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Khusus Yoga Ananda Marga Medan, pelayanan sosial yang direalisasikan adalah mengenalkan yoga untuk membantu anak-anak kebutuhan khusus (ABK). Diakui Didi Ananda Shubhada jika yoga untuk ABK adalah sebuah alternative therapy yang sangat positif dan memberikan manfaat secara signifikan.

"Tentunya ukuran manfaat yoga untuk ABK tidak bisa disamakan satu sama lain. Namun 8 tahunan lebih pengalaman Didi memperkenalkan yoga ke ABK, terlihat sekali bedanya dalam mendukung perkembangan adik-adik ini," akunya.

Selain itu asana yang diajarkan untuk tiap ABK juga akan berbeda. Disesuaikan dengan kategori dan usia masing-masing anak. Pengajaran asana bermanfaat sebagai latihan kelenturan dan kekuatan otot/syaraf, melatih keseimbangan, fokus dan konsentrasi, mengurangi stress dan menetralkan emosi serta melatih anak ketika berada dalam teamwork.

article

Artikel Terkait Lainnya