Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Amankah Mengonsumsi Permen Penghilang Bau Mulut Setiap Hari?

27 May 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Makan Buah

Membersihkan Lidah

Obat Kumur

Makan Yogurt

Hindari Makanan Sumber Bau Mulut

Minum Air Putih

Bau mulut saat ini memang dikenal sebagai salah satu permasalahan yang tidak hanya mengganggu kenyamanan, tapi percaya diri juga. 

Gosok gigi secara rutin tentunya menjadi langkah awal untuk mencegah bau mulut. Namun, ternyata makan permen penghilang bau mulut juga dapat membantu permasalahan ini, lho!

Kamu pasti penasaran bagaimana cara kerja permen satu ini?  

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Cara Kerja Permen Penghilang Bau Mulut

Pada umumnya, makan permen karet memang bisa menjadi salah satu solusi tepat untuk mengatasi bau mulut saat sedang tidak membawa sikat gigi. Namun, pastikan sudah memilih jenis permen yang rendah gula atau tanpa gula.

Pasalnya, jika permen mengandung gula yang banyak justru akan menjadi sumber makanan bagi bakteri mulut. Gula yang tinggi juga nantinya akan meningkatkan kandungan asam yang ada di dalam mulut.

Asam ini tentunya bisa merusak enamel gigi serta membuat bau mulut semakin tampak parah. Apabila kamu terpaksa memilih permen dengan kandungan gula, maka pastikan jenisnya xylitol.

Hal ini karena jenis gula ini termasuk pemanis yang rendah kalori dan biasanya memang seringkali ditambahkan ke dalam permen.

Makan Permen Penghilang Bau Mulut Setiap Hari, Amankah?

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang mengatakan permen penghilang bau mulut jikasetiap hari dikonsumsi berbahaya. Jadi, sudah bisa dipastikan makan permen ini bisa dilakukan setiap hari dan tidak menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

Namun, memang tidak disarankan mengunyah permen karet lebih dari 15 menit. Hal ini karena jika dilakukan secara terus menerus, mampu meningkatkan potensi keausan gigi bahkan nyeri otot seperti gigi sensitif.

Hal yang perlu diingat, mengunyah permen karet yang bebas gula tidak dapat menggantikan fungsi dari sikat gigi. Selain itu, sebagian besar produk permen inj hanya dapat menutupi permasalahan bau mulut sekitar 20 menit saja tidak lebih dari waktu tersebut. 

Pengganti Permen untuk Menghilangkan Bau Mulut

Saat bepergian, pasti kamu akan merasa sulit menemukan tempat sikat gigi atau penjual permen penghilang bau mulut yang bebas dari gula. Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan beberapa cara berikut.

Makan Buah

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti stroberi, jeruk, serta jambu memiliki kandungan polifenolnya. Dimana kandungan ini dipercaya bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tidak sedap.

Pada umumnya, hampir semua sayur serta buah baik untuk gigi. Mengunyah buah maupun sayuran akan merangsang produksi air liur. Hal ini tentunya bisa membilas mulut serta bakteri yang ada di dalamnya.

Membersihkan Lidah

Lidah yang kotor sebenarnya memabg menjadi salah satu penyebab dari bau mulut. Oleh karena itu, kamu perlu sekali membersihkannya dengan alat khusus pembersih lidah.

Caranya, cukup menggesekkan alat dari pangkal lidah, lalu tarik hingga ke arah depan. Kemudian, akhiri dengan berkumur beberapa kali saja.

Obat Kumur

Obat kumur ini tentunya bisa menjadi pertolongan yang pertama untuk membersihkan mulut. Apalagi bila kamu tidak memiliki sikat gigi maupun permen karet mint.

Untuk hasil lebih maksimal, kamu harus memilih obat kumur yang memiliki kandungan zat aktif pembasmi bakteri bau mulut. Produk ini tentunya bisa mengurangi aroma napas yang tidak terlalu sedap.

Makan Yogurt

Kandungan probiotik yang ada pada yoghurt terbukti sangat ampuh menyingkirkan bakteri jahat di dalam mulut. Probiotik ini tentunya juga menurunkan jumlah hidrogen sulfida. Kemudian, juga ada zat hasil produksi bakteri mulut yang bisa menimbulkan bau.

Namun, kamu bisa memilih yogurt plain tanpa rasa. Yoghurt coklat dan buah biasanya banyak mengandung gula yang dapat membuat bau mulut semakin parah.

Hindari Makanan Sumber Bau Mulut

Beberapa bahan makan seperti bawang bombay, bawang putih, petai serta jengkol yang dapat meninggalkan bau di dalam mulut. Bahkan setelah kamu menggosok gigi serta menggunakan obat kumur.

Hal ini tentunya karena senyawa penyebab bau mulut yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut sudah bertahan di dalam mulut. Setelah itu, masuk ke aliran darah serta paru-paru.

Minum Air Putih

Saat tidur, produksi air liur yang ada di dalam mulut juga akan berkurang. Kondisi ini tentunya dapat memicu pertumbuhan bakteri berlebih.

Bakteri ini akan menghasilkan senyawa sulfur yang berbau menyengat. Hal inilah yang menyebabkan bau tidak sedap dari mulut ketika terbangun dari tidur.

Oleh karena itu, banyak minum air putih saat baru bangun tidur sangat penting. Perlu diingat, makan permen ini hanya bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama pada saat kondisi darurat. 

Pastikan kamu senantiasa tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap. Apabila masalah bau mulut sudah begitu mengganggu, maka perlu pengobatan bau yang lebih efektif.

Sumber Referensi

dr Nadia Nurotul Fuadah. 2022. Apakah aman konsumsi permen penghilang bau mulut setiap hari? [online] (https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-aman-konsumsi-permen-penghilang-bau-mulut-setiap-hari- diakses 25 Mei 2023)

Hillary Sekar Pawestri. 2022. Makan Permen Penghilang Bau Mulut Setiap Hari, Amankah? [online] (https://hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/cara-mengatasi-bau-mulut-tidak-sedap/ diakses 25 Mei 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya