Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

8 Manfaat Mendengarkan Musik saat Olahraga yang Perlu Diketahui

30 March 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Meningkatkan Intensitas Olahraga

2. Membantu Menambah Durasi Olahraga

3. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

4. Meredakan Stres

5. Mengurangi Risiko Cedera

6. Membantu Membuat Detak Jantung Lebih Stabil

7. Tubuh Menjadi Lebih Rileks

8. Meningkatkan Mood

Sumber Referensi

Setiap orang tentunya memiliki cara masing-masing untuk membuat aktivitas olahraganya jadi lebih menyenangkan. Ada orang yang suka olahraga dengan kondisi yang sepi dan sunyi. Namun, ada pula orang yang lebih memilih olahraga sambil mendengarkan alunan musik favoritnya.

Berikut ini sudah ada beberapa manfaat olahraga sambil mendengarkan musik yang perlu kamu ketahui

1. Meningkatkan Intensitas Olahraga

Kamu pasti tidak sadar jika mendengarkan musik dapat mendorong tubuh untuk bergerak. Nah, apabila dilakukan sembari berolahraga, hal ini bisa membuat olahragamu semakin terasa lebih mudah dan bersemangat.

Bukannya fokus pada rasa lelah karena olahraga, namun musik justru akan mempengaruhi pikiranmu untuk dapat membuat tubuh terus bergerak mengikuti irama. Jadi, intensitas olahraga juga bisa langsung meningkat.

2. Membantu Menambah Durasi Olahraga

Disadari atau tidak, ternyata musik bisa membantu mendorong seseorang untuk berolahraga lebih lama dibandingkan dengan yang sama sekali tidak mendengarkannya. Hal ini juga bisa menjadi solusi untuk memotivasi diri agar tetap berolahraga jika kamu sedang tidak mood.

3. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Olahraga memang bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk melatih koordinasi pada tubuh. Namun, apabila dibarengi dengan mendengarkan musik, maka manfaat ini bisa kamu dapatkan lebih maksimal. Gerakan tubuh biasanya akan mengikuti lantunan irama musik sehingga membuat kemampuan motorik semakin lebih baik lagi.

4. Meredakan Stres

Apabila kamu sedang merasa stres, maka coba berolahraga sambil ditemani dengan musik favoritmu. Umumnya, berolahraga sambil mendengarkan musik bisa saja meningkatkan produksi hormon endorfin. Dimana nantinya akan memperbaiki suasana hati dan mengurangi tingkat stres.

5. Mengurangi Risiko Cedera

Pada dasarnya, mendengarkan musik dengan tempo yang cepat ketika olahraga ternyata dapat membuat gerakan tubuh lebih selaras. Gerakan yang selaras tentunya akan mengurangi risiko terjadinya cedera ketika berolahraga. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan pemanasan terlebih dahulu.

6. Membantu Membuat Detak Jantung Lebih Stabil

Manfaat mendengarkan musik ketika berolahraga lainnya yaitu buat detak jantung jadi stabil. Setelah melakukan jenis olahraga tertentu, pasti biasanya kamu akan langsung berdebar-debar karena detak jantung semakin meningkat.

Nah, dengan mendengarkan lagu bertempo lambat ketika berolahraga bisa membuatmu tidak terlalu tersengal-sengal setelah berolahraga. Hal ini karena, lagu seperti ini akan membantu mengurangi kecepatan detak jantung per menitnya. Dengan demikian, tubuh juga akan lebih cepat pulih dari efek olahraga serta dapat melanjutkan kegiatan lainnya.

7. Tubuh Menjadi Lebih Rileks

Ternyata musik juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks saat berolahraga. Apabila tubuh tampak terlalu kaku atau kurang rileks, maka dampaknya adalah otot akan semakin menegang. Hal ini tentunya akan membuatmu merasa sakit dan rentan terhadap cedera.

Ketika mendengarkan musik pikiran serta otot secara tidak langsung maka akan menjadi lebih rileks saat berolahraga. Kamu juga lebih bebas melakukan gerakan yang diinginkan sambil diiringi dengan alunan musik favorit.

8. Meningkatkan Mood

Saat seseorang sering mendengarkan musik, biasanya kemampuan meningkatkan mood dan menemukan kesadaran dirinya setingkat lebih baik dari yang tidak rutin mendengarkan. Jadi saat mendengarkan musik orang tersebut lebih memperhatikan diri sendiri dan seolah keluar sejenak dari pikiran yang rumit. Membuat aktivitas olahraganya jadi jauh lebih menyenangkan.

Jenis musik yang digunakan untuk menemani olahraga sebenarnya bebas,. Kamu bisa langsung memutar lagu favorit dan memilih tempo musik yang sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga dapat menyesuaikan musik dengan jenis olahraga yang dilakukan. Misalnya saja seperti, musik hip-hop saat bersepeda dan musik klasik ketika melakukan yoga.

Penting sekali diingat, pastikan volume musik tidak terlalu keras karena akan menyebabkan kerusakan pada gendang telingamu. Selain itu, apabila nantinya kamu ingin melakukan gerakan yang membutuhkan konsentrasi, maka kecilkan saja volume atau matikan sejenak musik yang saat itu sedang diputar. Hal ini tentunya untuk menghindari terjadinya cedera.

Sumber Referensi


dr Merry Dame Cristy Pane. 2022. Jangan Ragukan Manfaat Mendengarkan Musik saat Olahraga [Online] (https://www.alodokter.com/jangan-ragukan-manfaat-mendengarkan-musik-saat-olahraga di akses 25 Maret 2023)

dr Rizal Fadli. 2022. 6 Manfaat Mendengarkan Musik saat Berolahraga [Online] (https://www.halodoc.com/artikel/6-manfaat-mendengarkan-musik-saat-berolahraga di akses 25 Maret 2023)

dr Nanda L Prasetya MMSc. 2020. Jangan Remehkan Manfaat Mendengarkan Musik Saat Olahraga [Online] (https://aido.id/health-articles/jangan-remehkan-manfaat-mendengarkan-musik-saat-olahraga/detail di akses 25 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya