Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

6 Tips Efektif Menjaga Imunitas Tubuh di Lingkungan Berpolusi Udara

15 August 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Gunakan Masker Saat di Luar Ruangan

Konsumsi Makanan Bergizi

Tetap Terhidrasi

Lakukan Olahraga Secara Bijak

Hindari Paparan Tambahan

Istirahat yang Cukup

Sumber Referensi

Kualitas udara di Indonesia, khususnya di Jakarta, sedang tidak baik-baik saja. 

Dikutip dari situs pemantau kualitas udara IQAir, tercatat hingga Selasa (15/8/2023) pagi pukul 05.43 WIB, indeks kualitas udara DKI Jakarta berada di angka 165 AQI US. 

Angka konsentrasi diatas masuk dalam kategori tidak sehat, karena standar kualitas udara yang baik menurut WHO biasanya berada dalam rentang 0-50.

Saat kondisi seperti Ini, tentu saja risiko kesehatan terutama gangguan pernapasan akan meningkat. Sistem kekebalan tubuh juga berpotensi melemah. 

Imunitas tubuh yang lemah dapat membuat kita lebih rentan terserang berbagai penyakit. 

Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk tetap menjaga imunitas tubuh meskipun berada di lingkungan yang tercemar oleh polusi udara.

Berikut tips menjaga imunitas tubuh di lingkungan berpolusi udara yang bisa kamu coba.

Semoga bermanfaat.

Gunakan Masker Saat di Luar Ruangan

Salah satu cara paling sederhana untuk melindungi sistem pernapasan kamu dari polusi udara adalah dengan menggunakan masker pelindung. 

Masker ini dapat membantu menyaring partikel-partikel berbahaya di udara sebelum masuk ke dalam saluran pernapasan. 

Kamu bisa menggunakan masker industry atau alternatif lainnya seperti menggunakan masker sekali pakai (N-95 atau P-100). 

Pastikan untuk memilih masker yang sesuai dengan standar keselamatan dan memiliki kemampuan filtrasi yang baik.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang kita konsumsi berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan sistem kekebalan tubuh. 

Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan segar, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. 

Ini akan membantu melawan efek negatif dari radikal bebas akibat polusi udara.

Tetap Terhidrasi

Pastikan kamu minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Air juga membantu dalam proses detoksifikasi tubuh dan membantu menjaga kelembapan saluran pernapasan. 

Secara umum, konsumsi air harian untuk orang dewasa rata-rata adalah sekitar 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu itu  unik dan kebutuhan tubuhnya akan air dapat bervariasi. Cara yang baik untuk memantau kecukupan asupan cairan adalah dengan memperhatikan warna urin. 

Urin yang pucat dan jernih menunjukkan bahwa kamu cenderung terhidrasi dengan baik. Sedangkan urin yang kuning gelap atau pekat bisa menjadi tanda kekurangan kamu cairan.

Lakukan Olahraga Secara Bijak

Saat kualitas udara sedang buruk, ada baiknya melakukan olahraga di rumah saja. Olahraga harus tetap dilakukan untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih baik.

Tak perlu khawatir tak bisa berolahraga di rumah sebab di era digital seperti sekarang, kamu bisa melakukan olahraga di mana saja dan kapanpun dengan memanfaatkan smartphone atau gadget yang dimiliki. 

Ada banyak platform olahraga online yang menawarkan panduan olahraga untuk memenuhi kebutuhan berolahraga kamu. Kelas Fitness merupakan platform olahraga online terpopular di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Ini karena ribuan kelas olahraga yang disediakan oleh Kelas Fitness, dipandu langsung oleh instruktur berpengalaman. Mulai dari kelas yoga, home workout hingga kelas meditasi dan kesehatan.

Kelas Fitness bahkan menawarkan Program Personal Trainer Online. Jadi sudah tak ada alasan untuk tak berolahraga, sebab kamu bisa melakukannya di rumah bersama Kelas Fitness dengan klik disini sekarang.

Hindari Paparan Tambahan

Selain polusi udara, paparan zat-zat kimia berbahaya lainnya juga dapat melemahkan imunitas tubuh. 

Cobalah untuk menghindari paparan asap rokok, bahan kimia rumah tangga yang berbahaya, dan bahan kimia industri jika memungkinkan. 

Gunakan masker pelindung atau alat perlindungan lainnya ketika berada di lingkungan berpotensi memiliki zat-zat tersebut.

Istirahat yang Cukup

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan diri. Sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. 

Pastikan kamu tidur setidaknya 6-7 jam setiap malam agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk meregenerasi sel-sel yang rusak akibat paparan polusi.

Meskipun tantangan lingkungan yang dihadapi akibat polusi udara tak mudah, tetap ada cara untuk menjaga agar imunitas tubuh berjalan optimal. 

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, menerapkan pola makan yang baik, dan melakukan rutinitas perawatan diri yang tepat. 

Kita dapat melindungi diri dari efek negatif lingkungan yang tercemar polusi. 

Jangan lupa bahwa menjaga imunitas tubuh adalah kunci utama untuk tetap sehat, bahkan dalam kondisi lingkungan yang kurang ideal.

Sumber Referensi

dr Rizal Fadli. 2022. Cara Menjaga Kesehatan Pernapasan dari Polusi Udara [online] (https://www.halodoc.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-pernapasan-dari-polusi-udara diakses 15 Agustus 2023)

dr Alberta Jesslyn Gunardi. 2023. 8 Tips Melindungi Diri dari Udara Tidak Sehat [online] (https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/tips-melindungi-diri-dari-udara-tidak-sehat diakses 15 Agustus 2023)

IQAir. 2023. Kualitas udara di Jakarta [online] (https://www.iqair.com/id/indonesia/jakarta diakses 15 Agustus 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya