Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

6 Manfaat Skipping Untuk Tubuh, Salah Satunya Membantu Otak Lebih Cerdas

14 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Membakar Kalori Lebih Banyak

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

4. Mengurangi Lemak yang Menumpuk

5. Meningkatkan Efisiensi Pernapasan

6. Membuat Otak Lebih Cerdas

Skipping atau lompat tali merupakan salah satu jenis latihan yang seringkali dianggap sepele. Faktanya, sebuah studi tahun 2013 yang telah diterbitkan oleh Research Quarterly menemukan fakta bahwa mahasiswa yang menghabiskan 10 menit lompat tali setiap hari selama enam minggu akan mengalami peningkatan kebugaran. Begitupun dengan manfaat bagi kesehatan kardiovaskular, sama seperti menghabiskan 30 menit jogging dalam periode waktu yang sama.

Lompat tali juga termasuk salah satu dari sekian banyak jenis olahraga yang bagus untuk melatih otot-otot di seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja, jika kamu rutin melakukan skipping maka bisa mendapatkan dampak baik bagi kesehatan lainnya.

Apa saja dampak baik tersebut?

Berikut beberapa dampak baik skipping lainnya yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Membakar Kalori Lebih Banyak

Dikutip dari Halodoc, berlatih skipping selama 15 menit mampu membakar sebanyak 200–300 kalori. Ini karena ketika kamu melakukan skipping maka tubuh akan menghasilkan panas untuk mendapatkan energi. Ini juga sekaligus akan membakar kalori di tubuhmu.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Lompat tali dianggap bisa bermanfaat untuk memperkuat tulang karena saat melompat maka tubuh akan merespons tekanan, tulang pun akan makin terlatih dan kuat. Namun melakukan lompat tali hanya dianjurkan jika kamu masih memiliki tulang yang sehat. Jika kamu tengah mengalami cedera persendian, sebaiknya hindari dan pilih aktivitas olahraga lain sebagai pengganti.

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Lompat tali juga dianjurkan guna meningkatkan kesehatan jantung karena ketika kamu melompat, aktivitas ini akan meningkatkan detak jantung. Kelak denyut nadi akan lebih stabil dan tekanan darah jadi lebih baik usai latihan. Sehingga kondisi ini bisa berkontribusi pada kesehatan jantung dan mengurangi risiko kamu terserang penyakit kardiovaskular. Namun kamu dianjurkan melakukannya secara rutin tiga hingga lima kali dalam seminggu selama 20 menit setiap kali latihan.

4. Mengurangi Lemak yang Menumpuk

Memang, tidak ada olahraga yang efektif tanpa diiringi dengan pola makan yang teratur. Apalagi untuk menghilangkan lemak yang menumpuk. Akan tetapi, latihan HIIT seperti lompat tali akan memberikan hasil penurunan lemak yang dianggap lebih cepat. Terutama di sekitar lengan dan perut. Hanya dengan mengaktifkan otot inti lebih kencang selama rutinitas latihan lompat tali, kamu bisa menargetkan area tersebut dan mulai membentuk otot-ototnya.

5. Meningkatkan Efisiensi Pernapasan

Selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, manfaat skipping selanjutnya adalah meningkatkan efisiensi pernapasan. Ini karena respons detak jantung terhadap olahraga lompat tali bisa lebih tinggi ketimbang bentuk kardio lainnya seperti berjalan atau bersepeda. Meningkatnya efisiensi pernapasan ini akan sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitasmu agar lebih maksimal. Apalagi ketika kamu sedang melakukan olahraga lainnya seperti renang atau lari, kamu tidak akan kehabisan nafas karena ritme pernapasanmu sudah lebih maksimal.

6. Membuat Otak Lebih Cerdas

Percaya atau tidak, lompat tali dapat membuatmu jadi lebih cerdas. Melompat dapat melatih perkembangan belahan kiri dan kanan otak, yang selanjutnya meningkatkan kesadaran spasial, meningkatkan memori serta membuatmu lebih waspada secara mental. Ketika melompat kamu membutuhkan tubuh dan pikiran dalam membuat penyesuaian otot saraf terhadap ketidakseimbangan yang diciptakan dari lompatan. Hasilnya, melompat bisa meningkatkan keseimbangan dan koordinasi dinamis, refleks, serta daya ingat (jika kamu terbiasa menghitung jumlah lompatan).

Kamu bisa melakukan lompat tali di mana saja baik di rumah maupun lapangan olahraga. Sebaiknya agar lebih maksimal gunakan tali dengan panjang sesuai ukuran tinggi badan kamu. Gunakan pakaian olahraga yang nyaman dan sepatu olahraga seperti sepatu lari yang tidak licin di permukaan lantai agar kamu terhindar dari cedera akibat terpeleset.

article

Artikel Terkait Lainnya