Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

6 Khasiat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh

02 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Nutrisi Yogurt

Khasiat Yogurt bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

2. Alternatif Sumber Protein bagi Tubuh

3. Mengatasi Gejala Permasalahan Pencernaan

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

5. Menjaga Kesehatan Jantung

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sumber Referensi

Yogurt selama ini dikenal bermanfaat sebagai sumber probiotik, yakni bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Namun, tahukah kamu ada banyak khasiat lain dari kandungan yogurt yang sayang jika dilewatkan?

Yogurt dibuat dengan mencampurkan susu matang dengan bakteri, terutama dari jenis Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Bulgaricus. Kedua campuran ini dibiarkan dalam suhu 43 – 46 derajat celsius selama beberapa jam.

Kandungan Nutrisi Yogurt

Yogurt mengandung sejenis gula yang disebut laktosa. Bakteri memecah laktosa, lalu berubah menjadi asam laktat. Zat ini memberikan rasa asam dan membuat susu mengental yang menjadi ciri khas yogurt.

Proses fermentasi makanan ini seringkali tidak hanya mengubah zat gizi, namun memperkaya dan meningkatkan kualitasnya.

Berbeda halnya dengan susu, mengkonsumsi segelas yogurt sebanyak 100 gram bisa memberikan tubuhmu kandungan gizi sebagai berikut.

● Niacin (vitamin B3): 0,2 milligram
● Kalsium: 120 milligram
● Fosfor: 90 milligram
● Zat besi: 0,1 milligram
● Natrium: 40 milligram
● Kalium: 299 miligram
● Zinc: 0,6 milligram
● Energi: 52 kkal
● Protein: 3,3 gram
● Lemak: 2,5 gram
● Karbohidrat: 4 gram
● Vitamin A: 22 miligram
● Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
● Riboflavin (vitamin B2):0,1 milligram

Khasiat Yogurt bagi Kesehatan

Dengan mengkonsumsi produk fermentasi ini, tubuh kamu berpeluang mendapatkan khasiat berikut.

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tulang, seperti fosfor, kalsium, dan kalium. Beberapa jenis yogurt juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

Semua zat gizi ini dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang dan gigi. Selain itu, makan yogurt juga tidak akan mengikis lapisan email gigi. Asam laktat di dalamnya justru berguna untuk melindungi gusi dari infeksi.

2. Alternatif Sumber Protein bagi Tubuh

Protein sangat penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel. Kekurangan protein bisa menyebabkan hilangnya massa otot, rapuhnya rambut, kulit, dan kuku, serta kesulitan berpikir. Untung saja, yogurt mengandung sebagian besar protein yang diperlukan.

Setiap jenis yogurt mungkin memiliki kandungan protein dalam jumlah yang berbeda. Jika kamu mencari kandungan protein tertinggi, maka cobalah greek yogurt. Dalam 6 ons greek terkandung 15 hingga 20 gram protein yang setara dengan 30% kebutuhan harian.

3. Mengatasi Gejala Permasalahan Pencernaan

Selain melancarkan buang air besar, probiotik pada yogurt berpotensi mengatasi gejala gangguan pencernaan. Misalnya saja, sebuah studi pada 2016 menunjukkan bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium yang bisa mengurangi gejala sindrom iritasi usus.

Beberapa penelitian lainnya juga telah menemukan bahwa probiotik bisa mencegah diare dan sembelit akibat konsumsi antibiotik. Semua manfaat tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan mengkonsumsi beberapa sendok makan yogurt sebelum beraktivitas.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt sekitar 2 – 3 porsi per hari (atau lebih) mengalami penurunan tekanan darah. Bahkan, penurunan tersebut mencapai 50% dibandingkan yang tidak makan yogurt sama sekali.

Manfaat yogurt ini berasal dari kandungan kalium yang bisa mengeluarkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium merupakan salah satu mineral yang meningkatkan tekanan darah, dan banyak ditemukan dalam makanan tinggi garam.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Meskipun kandungan lemaknya tinggi, yogurt ternyata bisa meningkatkan kolesterol baik yang disebut HDL (high-density lipoprotein). Berdasarkan beberapa penelitian, inilah alasan mengkonsumsi yogurt bisa mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah juga akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Menurut para ahli, manfaat Yogurt ini lebih besar untuk orang yang didiagnosis menderita penyakit tekanan darah tinggi.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Yogurt seringkali disebut sebagai camilan sehat yang tidak akan membuat gemuk. Ini karena kombinasi kandungan probiotik, protein, maupun kalsium di dalamnya bisa meningkatkan produksi hormon anti lapar, yaitu peptide YY dan GLP-1. Itu sebabnya kamu bisa lebih cepat kenyang setelah makan yogurt dan tidak tergoda untuk makan lagi hingga waktu makan berikutnya. Untuk bisa mendapatkan hasil lebih baik, maka pilihlah greek yogurt yang terbukti lebih padat protein.

Nah, itu saja beberapa informasi terkait khasiat yogurt untuk kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat guys!

Sumber Referensi


Happy Fresh. 2022. 3 Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan dan Rekomendasi Produknya [online] (https://www.happyfresh.id/blog/kesehatan-psikologi/manfaat-minum-yogurt-bagi-kesehatan/ di akses 29 Desember 2022)

Arie Wahyu. 2022. Selain Enak Ini Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan dan Diet [online] (https://www.astronauts.id/blog/selain-enak-ini-manfaat-yogurt-untuk-kesehatan-dan-diet/ di akses 29 Desember 2022)

Rasyahdan Wicaksono Bahar. 2020. 15 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah & Kulit [online] (https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-yoghurt-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-hlt/?utm_source=google&utm_medium=organic di akses 29 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya