Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

6 Jenis Buah Yang Bisa Buat Kamu Kenyang lebih Lama

17 February 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Jeruk

2. Blackberry

3. Alpukat

4. Apel

5. Pir

6. Pisang

Sumber Referensi

Buah-buahan adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan, disarankan untuk makan buah setiap hari, setidaknya 5 porsi. Kabar baiknya, saat ini sudah ada beberapa jenis buah yang mengenyangkan dan tentunya baik untuk yang ingin menurunkan berat badan.

Pada dasarnya, hampir semua jenis buah cocok dijadikan sebagai menu diet sehat. Namun, ada beberapa buah yang bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Daftar buah-buahan ini biasanya dapat dijadikan sebagai camilan bagi orang yang menjalani program menurunkan berat badan.

Berikut ini sudah ada berbagai jenis buah yang mengenyangkan dan dapat dimasukkan ke dalam menu makanan harian.

1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang bisa kamu jumpai di toko buah terdekat. Selain lebih mudah didapat, harganya cukup murah sehingga membuat buah citrus ini cukup populer. Terlebih lagi, jeruk dianggap sebagai buah yang mengenyangkan karena tersusun sebagian besar oleh serat pembentuk gel.

Kandungan air yang tinggi dalam jeruk juga berkontribusi pada mekanisme pencernaan yang membuatmu kenyang lebih lama. Cobalah untuk mengonsumsi jeruk dengan sumber protein lain, seperti telur rebus, agar bisa meningkatkan asupan lemak dan mengurangi lapar.

2. Blackberry

Blackberry sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Buah beri ini berwarna hitam dan bisa dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup yang mengenyangkan. Meski tergolong sebagai buah yang manis, secangkir blackberry juga mengandung sekitar 8 gram serta 7 gram gula.

Hal ini ternyata membuat blackberry lebih rendah gula dibandingkan dengan buah lainnya. Serat tinggi dan rendah gula ini tidak hanya bisa membuatmu kenyang lebih lama. Melainkan juga dapat menjaga kadar gula darah. Alhasil, kamu semakin merasa puas setelah makan.

3. Alpukat

Salah satu jenis buah yang dipercaya dapat mengenyangkan perut yaitu alpukat. Dikenal sebagai superfood, alpukat kaya akan lemak sehat serta serat yang akan membuat tubuh merasa lebih kenyang. Hal ini karena sebagian lemak dan serat di dalamnya juga membantu memperlambat pelepasan makanan dari perutmu.

Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih kenyang lama. Hal ini juga akan memungkinkanmu untuk makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati karena alpukat juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Itu sebabnya, pastikan kamu tidak makan terlalu banyak buah alpukat.

4. Apel

Selain alpukat, buah lainnya yang juga mengenyangkan yaitu apel. Apel dikenal sebagai salah satu sumber serat yang paling mudah dijumpai. Kandungan seratnya yang tinggi ini akan membuat apel bisa memperlambat pencernaan serta membantumu merasa lebih kenyang. Terlebih lagi, buah ini kaya akan serat dengan indeks glikemik yang rendah.

5. Pir

Tidak jauh berbeda dengan apel, buah pir juga kaya akan serat yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Pir telah mengandung serat larut yang dikenal sebagai pektin. Serat ini bisa memelihara bakteri usus serta meningkatkan kesehatan usus, sehingga pencernaan lebih lancar.

Sementara itu, banyak ahli menyarankan bahwa asupan serat yang cukup bisa meningkatkan fungsi usus serta membuat perasaan kenyang lebih lama. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya penelitian yang dimuat dalam Annals of Internal Medicine. Studi ini telah melaporkan bahwa peningkatan asupan serat bisa menurunkan berat badan pada penyandang obesitas.

6. Pisang

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila konsumsi pisang dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Tidak jauh berbeda dengan buah yang mengenyangkan lainnya, kandungan serat dalam pisang akan menjadikannya primadona untuk menjalani diet buah.

Serat membantumu merasa kenyang sehingga bisa mengurangi jumlah total kalori harian. Pasalnya, tubuh perlu waktu lebih lama untuk mencerna jenis serat tertentu.

Hal inilah yang akan memungkinkan tubuh mengatur asupan makanan dengan lebih baik sehingga tujuan menurunkan berat badan dapat tercapai. Konsumsi buah-buahan memang sangat baik bagi tubuh. Namun, pastikan kamu mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya melalui pedoman gizi seimbang agar tubuh tampak lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Sumber Referensi


Nabila Azmi. 2021. 7 Daftar Buah yang Mengenyangkan dan Memanjakan Lidah [Online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/buah-yang-mengenyangkan/ di akses 15 Februari 2023)

Redaksi Halodoc. 2018. 6 Makanan Pengganti Nasi Saat Diet [Online] (https://www.halodoc.com/artikel/6-makanan-pengganti-nasi-saat-diet di akses 15 Februari 2023)

Glugut Hari. 2022. 25 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok Untuk Diet [Online] (https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220721161725-33-357504/25-makanan-rendah-kalori-yang-mengenyangkan-cocok-untuk-diet di akses 15 Februari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya