Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Pose Yoga Untuk Bantu Redakan Sembelit

13 October 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Saja Gejala Sembelit?

Manfaat Yoga Atasi Sembelit

Gerakan Yoga untuk Bantu Redakan Sembelit

Penting untuk Diingat

Sumber Referensi

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum dikeluhkan masyarakat, tapi tak jarang juga dianggap sebagai hal yang sepele. 

Padahal kondisi ini bisa mengganggu kenyamanan kamu ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi sembelit bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun siapa sangka bahwa sembelit juga bisa diredakan dengan melakukan gerakan yoga.

Yoga yang selama ini dikenal sebagai olahraga yang memusatkan pikiran, tubuh dan pernapasan, ternyata juga bisa membantu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit.

Lantas pose atau gerakan yoga seperti apa yang bisa membantu meredakan sembelit? 

Simak selengkapnya lewat artikel berikut ini. Semoga bermanfaat!

Apa Saja Gejala Sembelit?

Sebelum membahas mengenai pose atau gerakan yoga yang bisa membantu meredakan sembelit, mari mengetahui terlebih dahulu gejala sembelit. 

Sembelit sendiri merupakan masalah pada pencernaan yang mana penderitanya mengalami susah buang air besar alias BAB.

Adapun gejala dari sembelit adalah BAB sedikit atau jarang, merasakan sakit saat BAB, BAB kecil atau keras, perut kembung, serta mengalami kram atau nyeri di area perut. 

Manfaat Yoga Atasi Sembelit

Dengan melakukan latihan yoga setiap hari selama beberapa menit, disebut bisa membantu menghindari BAB tidak teratur, mengejan, dan kembung. 

Dalam hal ini, dengan beryoga, bisa membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen dan membantu proses peristaltik usus. 

Termasuk membantu mendorong makanan dan kotoran dengan lebih efisien. Yang pada akhirnya akan mengurangi kemungkinan sembelit.

Untuk meredakan sekaligus membantu mencegah sembelit, bisa melakukan latihan dan mempraktikkan beberapa gerakan yoga berikut secara rutin.

Gerakan Yoga untuk Bantu Redakan Sembelit

1. Mayurasana 

Mayurasana adalah salah satu pose yang diklaim dapat membantu dengan masalah sembelit karena memberikan tekanan pada perut (membutuhkan kekuatan otot inti dan kemampuan keseimbangan lengan untuk melakukannya) dan merangsang organ dalam. 

Namun, efeknya bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Mayurasana merupakan gerakan tingkat lanjut dan sering dikaitkan dengan Hatha Yoga.

2. Ardha Matsyendrasana 

Gerakan atau pose ini memiliki langkah-langkah yang sangat mudah untuk diikuti. Ardha Matsyendrasana adalah pose yoga yang melibatkan putaran tubuh (twisting).  

Gerakan seperti ini dapat membantu merangsang pencernaan dan mungkin membantu meredakan sembelit dalam beberapa kasus.

3. Pavanamuktasana 

Gerakan yoga Pavanamuktasana dapat membantu meredakan sembelit sebab gerakan ini akan membuat kamu berbaring lalu membawa lutut ke dada. 

Ini akan memberikan sensasi tekanan ringan terhadap organ dalam perut, memberi efek pijat sehingga membantu melepaskan gas yang mungkin terperangkap di dalam perut, yang bisa menjadi penyebab rasa tidak nyaman dan sembelit. 

4. Baddha Konasana 

Untuk pemula, patut mencoba pose ini dan biasanya juga sering dipraktikkan dalam kelas yoga tingkat dasar. 

Pose ini akan membuat kamu merenggangkan daerah perut dan panggul, sehingga pergarakan usus akan turut terangsang. 

Termasuk meredakan ketegangan di area perut, yang dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman yang seringkali menyertai sembelit.

5. Dhanurasana

Pose ini akan melibatkan peregangan di area punggung, perut, dan pelvis. Dalam beberapa situasi, pose ini dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan peredaran darah ke area perut, yang pada akhirnya dapat membantu memperlancar gerakan usus dan mengurangi sembelit. 

Namun, efeknya mungkin bervariasi antara individu yang satu dengan yang lainnya. Selain itu Dhanurasana juga merupakan gerakan tingkat lanjut (mahir) sehingga tidak dianjurkan dilakukan jika kamu masih pemula.

Demikianlah 5 gerakan yoga yang bisa membantu meredakan sembelit maupun rasa tidak nyaman yang menyertainya.

Penting untuk Diingat 

Pastikan kamu paham jika sembelit adalah masalah pencernaan yang kompleks, dan banyak faktor dapat mempengaruhinya. 

Pose-pose yoga yang telah disebutkan diatas, bisa membantu, tetapi manfaatnya juga bisa bervariasi terhadap masing-masing individu.

Jika kamu mengalami masalah sembelit yang berkelanjutan, lebih baik berkonsultasi dengan dokter profesional. 

Guna mendapatkan penanganan yang lebih spesifik tentang bagaimana mengatasi masalah sembelitmu.

Penting untuk selalu mendengarkan tubuh kamu sendiri dan tidak memaksakan diri mempraktikkan pose-pose yoga yang mungkin tidak sesuai atau nyaman ketika kamu praktikkan. 

Senantiasa lakukan gerakan dengan benar dan sesuai dengan kemampuan tubuhmu.

Sumber Referensi

Zee Media Bureau. 2023. Are You Constipated? 7 Yoga Poses To Relieve Constipation [online] (https://zeenews.india.com/health/are-you-constipated-7-yoga-poses-to-relieve-constipation-2646281 diakses pada 8 September 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya