Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Mitos Kadaluwarsa Tentang Yoga, Mana yang Sempat Kamu Percaya? (Part 2)

19 January 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Orang Tua Tidak Boleh Yoga

2. Semua Yogi Vegetarian

3. Yoga Sama dengan Meditasi

4. Orang Bertubuh Gemuk Tidak Bisa Yoga

5. Semua Yoga Sama Saja

Sumber Referensi

Yoga telah menjadi trend kesehatan dan kebugaran yang semakin populer di seluruh dunia. Namun, seperti halnya fenomena lainnya yang berkembang pesat, muncul pula berbagai mitos seputar praktik ini. 

Untuk membantu kamu agar tak terjebak dengan mitos yang beredar, lewat artikel ini dan satu artikel terkait sebelumnya (part 1), akan dijelaskan mitos-mitos tentang yoga yang sebaiknya tidak perlu kamu percayai.

Lantas apa saja mitos-mitos tersebut? Simak selengkapnya lewat artikel berikut.

Semoga bermanfaat.

1. Orang Tua Tidak Boleh Yoga

Tidak ada larangan khusus yang menyatakan bahwa orang tua tidak boleh melakukan latihan yoga. Sebab yoga dapat memberikan sejumlah manfaat positif bagi orang tua seperti meningkatkan fleksibilitas tubuh dan kekuatan otot mereka. 

Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulainya. Terutama bagi orang tua yang mungkin memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Secara umum, asalkan dilakukan dengan hati-hati dan sesuai instruksi instruktur, latihan yoga aman dipraktikkan untuk orang tua.

2. Semua Yogi Vegetarian

Tidak ada persyaratan pola makan khusus yang terkait dengan praktik yoga. Sah saja jika beberapa orang memilih menjadi vegetarian atau vegan karena alasan mendukung prinsip-prinsip yoga, seperti ahimsa (tidak menyakiti atau tidak membahayakan). 

Namun, tidak semua orang yang berlatih yoga menerapkan pola makan vegetarian. Beberapa orang tetap mengonsumsi produk hewani. 

Penting untuk diingat bahwa yoga bukan hanya tentang pola makan, tetapi juga melibatkan latihan fisik, pernapasan, meditasi dan aspek-aspek lainnya yang mendukung keseimbangan tubuh dan pikiran. 

Oleh karena itu, pilihan pola makan dapat bervariasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing individu yang berlatih yoga.

3. Yoga Sama dengan Meditasi

Mitos ini jelas salah karena yoga dan meditasi tidaklah sama. Yoga dan meditasi adalah dua aktivitas yang berbeda meskipun seringkali saling terkait erat satu sama lain. Yoga mencakup berbagai hal mulai dari gerakan fisik (asana), pernapasan (pranayama) dan meditasi. 

Sedangkan meditasi biasanya dikenal sebagai aktivitas yang fokus pada konsentrasi dan pemusatan pikiran. 

Seringnya memang banyak latihan yoga yang melibatkan sesi meditasi sebagai bagian dari praktiknya, dan meditasi itu sendiri dapat diintegrasikan ke dalam berbagai konteks kehidupan tanpa keterlibatan yoga di dalamnya.

4. Orang Bertubuh Gemuk Tidak Bisa Yoga

Tidak benar bahwa orang yang bertubuh gemuk tidak bisa melakukan yoga. Yoga adalah latihan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, dari berbagai bentuk tubuh, ukuran, dan tingkat kebugaran. 

Meskipun di tengah kepopulerannya masih banyak yang mengira jika yoga hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan postur tubuh kurus dan langsing.

Sebaiknya jangan dihiraukan, jika kamu bertubuh gemuk dan ingin beryoga, fokuslah dan nikmati perjalanan yoga kamu. Tetap percaya diri dan berlatihlah secara konsisten. Kurangnya kepercayaan diri biasanya akan menjadi salah satu hambatan untuk beryoga secara maksimal. 

5. Semua Yoga Sama Saja

Tentu tidak semua yoga sama karena terdapat berbagai jenis yoga dengan fokus dan manfaat yang berbeda. Begitupun dengan pemilihan jenis yoga yang cocok dapat bergantung pada tujuan pribadi, tingkat kebugaran, dan preferensi masing-masing. 

Misalnya jika kamu masih pemula dan ingin melatih pernapasan, bisa mengikuti kelas Hatha Yoga. Jika kamu ingin kelas yoga yang lebih menantang dengan gerakan lebih dinamis, bisa mengikuti kelas Vinyasa Yoga. 

Tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis yoga agar kamu menemukan yoga yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Diharapkan dengan memahami mitos-mitos seputar yoga diatas, kamu dapat memahami yoga sebagai latihan yang bisa “diadaptasi” untuk semua orang, membawa manfaat bagi kesehatan fisik dan mental yang mempraktikkannya. 

Jangan biarkan mitos-mitos ini menghalangi kamu untuk “menjelajahi” dan merasakan manfaat siginifikan dari yoga.

Untuk bisa merasakan manfaat yoga secara penuh, yuk langsung mulai yoga dari sekarang dan jangan lupa lengkapi kebutuhan yogamu dengan produk-produk premium dari Nirvana Store.

Penasaran apa saja produk-produk premium Nirvana Store? Langsung cek produk Nirvana disini

Selain itu, dapatkan pula inspirasi tentang yoga terbaru, artikel kesehatan, tips dan trik yoga semuanya oleh pakar berpengalaman di laman Nirvana Yoga Shala.

Semangat berlatih yoga!

Sumber Referensi

Karen Asp. 2023. 7 Myths About Yoga That Shouldn’t Stop You From Doing It [online] (https://www.everydayhealth.com/yoga/myths-about-yoga-that-shouldnt-stop-you-from-doing-it/ diakses 17 Januari 2024)

Ann Pizer. 2023. 17 Most Common Myths & Misconceptions About Yoga [online] (https://liforme.com/blogs/blog/17-most-common-myths-misconceptions-about-yoga diakses 17 Januari 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya