Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Manfaat Rutin Yoga di Kantor, Cocok untuk Milenial dan Gen Z

02 March 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga di Kantor

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

3. Merawat Postur Tubuh

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

5. Membangun Koneksi Sosial di Kantor

Tips Praktis Melakukan Yoga di Kantor

Sumber Referensi

Kehidupan di kantor seringkali terkesan penuh dengan tekanan dan stres, terutama bagi generasi milenial dan generasi Z. Rutinitas yang monoton dan beban kerja yang tinggi dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.

Untuk menghadapi tantangan ini, banyak individu muda mulai mencari solusi yang lebih holistik. Salah satu pilihan yang semakin populer adalah melakukan yoga di kantor. 

5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga di Kantor

Lantas apa saja manfaat rutin melakukan yoga di kantor?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Generasi milenial dan generasi Z seringkali mengalami tingkat stres yang tinggi dalam pekerjaan mereka yang cenderung kompetitif. 

Yoga dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Latihan pernapasan dalam yoga akan membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi produksi hormon stres, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Dengan rutin berlatih yoga di kantor, kamu dapat merasakan perubahan positif dalam cara menghadapi tekanan pekerjaan.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Melalui serangkaian gerakan yang melibatkan keseimbangan dan konsentrasi, yoga dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas. 

Terutama bagi kamu yang sering merasa lelah atau kehilangan konsentrasi di tengah hari kerja. 

Perpaduan antara latihan pernapsan dan gerakan tubuh yang lembut saat beryoga akan membantu kamu melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan perasaan rileks. 

Dengan rutin melakukan yoga di kantor, kamu dapat menghadapi tugas-tugas dengan lebih tenang dan fokus. dapat menghadapi tugas-tugas dengan lebih tenang dan fokus.

3. Merawat Postur Tubuh

Milenial dan generasi Z pekerja kantoran pasti tak lepas dari penggunaan gadget dan komputer. Dua hal yang ketika dilakukan dalam waktu lama, berpotensi besar membuat postur tubuh jadi bungkuk. 

Yoga di kantor dapat membantu memperbaiki postur tubuh yang bungkuk. Sekaligus mengurangi ketegangan pada otot-otot di area upper body

Dengan menjaga postur tubuh yang baik, kamu dapat mengurangi risiko cedera dan nyeri yang terkait dengan posisi duduk yang berkepanjangan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain manfaat fisik, yoga juga memberikan manfaat besar untuk kesehatan mental. Yoga secara rutin dapat membantu kamu meningkatkan suasana hati, sehingga potensi stres secara keseluruhan bisa dikurangi. 

Milenial dan generasi Z dikenal lekat sebagi generasi yang terbiasa dengan tekanan dan tuntutan tinggi dalam pekerjaan mereka. 

Diharapkan dengan “memberikan waktu” untuk beryoga, bisa memiliki waktu untuk meresapi kedamaian dalam diri, kunci untuk menjaga mental tetap sehat.

5. Membangun Koneksi Sosial di Kantor

Mengikuti kelas yoga di kantor tidak hanya memberikan manfaat secara individu saja. Tetapi juga dapat menjadi kesempatan untuk membangun hubungan sosial di tempat kerja. 

Berbagi pengalaman yoga dengan rekan kerja dapat menciptakan ikatan yang lebih kuat baik di antara tim maupun tidak. Berpotensi menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan saling mendukung.

Demikian 5 manfaat melakukan yoga di kantor, bukan hanya bagus untuk kebugaran fisik saja. Tetapi juga untuk menciptakan keseimbangan antara tubuh dan pikiran. 

Jadi usahakan agar kantor tempat kamu bekerja memiliki sesi singkat yoga sehingga dapat menjadi “penyegar” yang efektif. 

Tips Praktis Melakukan Yoga di Kantor

  • Pilih waktu yang tidak mengganggu tugas kantor seperti saat istirahat siang.
  • Temukan ruang terpisah untuk melakukan yoga seperti ruang rapat yang tidak digunakan.
  • Jika memungkinkan bawa pakaian ganti atau setidaknya jangan mengenakan setelah yang ketat
  • Sebaiknya jangan beryoga terlalu lama, sesi yoga di kantor bisa berlangsung antara 10 hingga 20 menit.
  • Pilih jenis dan gerakan yoga yang cocok untuk ruang terbatas.
  • Gunakan video panduan yoga seperti yang tersedia di aplikasi Kelas Fitness.

.

Kelas Fitness adalah platform latihan olahraga online dengan berbagai video pelatihan berkualitas, termasuk yoga. Tersedia banyak jenis latihan yoga dan semua instruktur sudah bersertifikat.

Jika memungkinkan, sebaiknya bawa matras yoga sendiri agar lebih higienis. Travel mat seperti Nirvana Batik Travel Mat adalah pilihan yang tepat. 

Corak batiknya elegan, bahannya super grip dan fleksibel, bisa dilipat sehingga lebih praktis dibawa kemana-mana dan tentunya mudah disimpan. 

Jika belum punya, kamu bisa membelinya di Nirvana Store! Cek sekarang dan manfaatkan promo spesial Free 1 Travel Mat Bag.

Jadi, sudahkah kamu siap untuk memasukkan yoga ke dalam rutinitas harian kamu di kantor?

Sumber Referensi

Santosh Yoga Institute. 2023. 6 Effective Yoga Poses For Office Syndrome [online] (https://santoshyogainstitute.com/6-effective-yoga-poses-for-office-syndrome/ diakses 24 Februari 2024)

Karinta Ariani Setiaputri. 2020. 7 Pose Yoga Mudah yang Bisa Dilakukan Sambil Duduk di Kursi [online] (https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/pose-yoga-sambil-duduk-di-kursi/ diakses 24 Februari 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya