Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

5 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

05 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

1. Membantu Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

2. Menjaga Kadar Kolesterol dalam Darah

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

4. Mengurangi Nyeri Sendi

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Sumber Referensi

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan memang sudah dikenal sejak lama. Meski memiliki rasa yang pahit, namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari flu, sakit kepala, sampai diabetes.

Mengkudu (Morinda citrifolia) adalah salah satu buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, serta Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.

Di dalam buah mengkudu, telah terkandung beragam nutrisi seperti Karbohidrat, Protein, Gula, Vitamin C, Vitamin E, Biotin, Folat, Magnesium, Kalium, dan Kalsium.

Buah mengkudu ini juga kaya akan antioksidan seperti saponin, flavonoid, serta berbagai zat yang bersifat anti radang dan antibakteri. Selain dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, buah mengkudu juga dipercaya bisa membantu melembabkan kulit dan menyamarkan kerutan halus di wajah. Namun sayangnya, efektivitas buah mengkudu tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu berbau menyengat dan rasanya pahit. Meski begitu, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, seperti:

1. Membantu Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

Sel-sel dan jaringan tubuh bisa saja cepat rusak saat tubuh sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber. Misalnya saja seperti polusi, racun, asap rokok, dan paparan radiasi atau sinar matahari berlebih. Apabila terlalu banyak terpapar radikal bebas, sel-sel tubuh akan cepat rusak. Hal ini tentunya bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, maupun kanker.

Buah mengkudu diketahui bisa daja mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel tubuh akibat paparan zat tersebut. Akan tetapi, untuk memaksimalkan manfaat buah mengkudu ini, maka perlu menjalani gaya hidup sehat, seperti mengurangi stres, rutin berolahraga, tidak merokok, dan mencukupi waktu istirahat.

2. Menjaga Kadar Kolesterol dalam Darah

Sebuah riset telah menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Sehingga sangat baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Efek ini diduga karena adanya kandungan zat antioksidan dan anti radang yang cukup tinggi pada buah mengkudu.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang juga tidak kalah penting untuk memperkuat sistem imunitas tubuh atau daya tahan. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit sehingga kamu tidak mudah sakit.

4. Mengurangi Nyeri Sendi

Buah mengkudu sudah digunakan secara tradisional untuk meredakan peradangan dan meringankan nyeri di dalam tubuh. Ekstrak buah ini juga diketahui memiliki khasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, contohnya penderita osteoarthritis.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol, lama-kelamaan akan menyebabkan diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, agar tercegah dari penyakit tersebut, kamu perlu menjalani gaya hidup sehat dengan membatasi konsumsi gula, berolahraga secara rutin, dan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Sebuah riset telah menunjukkan bahwa buah mengkudu bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Efek ini diduga karena kemampuannya dalam meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah.

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Sebuah penelitian skala kecil di laboratorium telah menunjukkan bahwa buah mengkudu bermanfaat dalam menjaga berat badan serta mencegah obesitas. Khasiat ini dipercaya berkat kemampuan buah mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme.

Namun, sampai saat ini, belum banyak riset yang menunjukkan efektivitas manfaat buah mengkudu tersebut pada manusia. Oleh sebab itu, untuk menurunkan berat badan, kamu tidak bisa hanya mengandalkan buah mengkudu. Kamu perlu rutin berolahraga dan menjalani diet sehat.

Selain berbagai manfaat yang ada di atas, masih ada banyak manfaat lain dari buah mengkudu. Misalnya saja seperti mengurangi risiko kanker, mengurangi rasa mual, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan stamina tubuh. Namun sayangnya, berbagai klaim manfaat buah mengkudu tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan memang sangat banyak dan beragam. Namun, agar lebih aman, kamu sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum memutuskan untuk menggunakan buah mengkudu, terutama bila ingin menggunakannya sebagai pengobatan.

Sumber Referensi


Soesanti Harini Hartono. 2022. 4 Manfaat Buah Mengkudu, Membantu Mengatasi Kadar Gula Darah Tinggi [online] (https://health.grid.id/read/353373047/4-manfaat-buah-mengkudu-membantu-mengatasi-kadar-gula-darah-tinggi?page=all di akses 28 Desember 2022)

Farah Fadila. 2022. 5 Manfaat Buah Mengkudu Yang Perlu Anda Tahu [online] (https://www.gramedia.com/best-seller/manfaat-buah-mengkudu/ di akses 29 Desember 2022)

dr Patricia Lukas Goentoro. 2021. 5 Manfaat Mengejutkan Buah Mengkudu yang Wajib Anda Tahu [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-mengkudu/ di akses 29 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya