Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Beryoga

25 July 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Ketahui Jenisnya Terlebih Dahulu

2. Jangan Makan Terlalu Kenyang

3. Memakai Pakaian yang Tepat

4. Siapkan Peralatan Yoga

5. Selalu Ikuti Instruksi dari Instruktur

Tak bisa dipungkiri jika yoga punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Yoga tak lagi dikenal sebagai olahraga meditasi saja namun juga dipercaya dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar hingga terlihat awet muda. Yoga pun sering diangggap sebagai cara terbaik untuk mengendalikan stres dan mengurangi rasa gelisah. Guna mendapatkan manfaat yoga secara maksimal ada baiknya kamu memperhatikan lima hal berikut.

1. Ketahui Jenisnya Terlebih Dahulu

Untuk kamu yang tertarik dan ingin mencoba yoga, ada baiknya mengenal terlebih dahulu jenis-jenisnya. Mulai dari yang mudah dipraktekkan hingga yang membutuhkan jam terbang tinggi untuk dilakukan. Setiap jenis yoga juga memiliki gerakan berbeda dengan manfaatnya masing-masing. Mulai dari meningkatkan kekuatan tubuh, baik bagi kehamilan hingga sarana meditasi. Hatha yoga misalnya, cocok dilakukan bagi kamu yang masih pemula. Ini karena gerakannya cenderung lambat dan mudah dipelajari. Jika kamu mencari latihan yoga menantang, cobalah bikram yoga. Biasanya latihan dilakukan selama 90 menit dengan 26 dan 2 gerakan pernafasan di sebuah ruangan yang dipanaskan sampai 40 derajat celsius dengan kelembapan 40 persen. Yoga ini berpotensi membuat pusing saat pertama kali dicoba. Jadi jangan paksakan diri jika kamu tidak kuat mengikutinya. Dengan mengetahui beragam jenis yoga, kamu bisa memilih mana yang paling cocok dan tentu sesuai kemampuanmu.

2. Jangan Makan Terlalu Kenyang

Sebelum melakukan yoga sebaiknya kamu jangan mengkonsumsi makanan berat dengan kandungan karbohidrat tinggi. Kamu juga tidak disarankan minum minuman manis. Namun jangan pula membiarkan perut kamu kosong mengingat akan ada banyak gerakan yang membuat kamu harus memosisikan kepala di bawah atau mengangkat kaki yang akan susah dilakukan jikalau perut kamu terlalu penuh atau kosong. Cobalah konsumsi pisang atau alpukat. Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium dan menjadi salah satu buah yang ideal dikonsumsi sebelum berolahraga. Konon pisang mempu mencegah kembung dan kram otot. Begitupun dengan alpukat karena kandungan magnesium di dalamnya akan membantu memfungsikan otot-otot dalam tubuh. Sama seperti olahraga lainnya, pastikan juga agar kamu tak lupa minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

3. Memakai Pakaian yang Tepat

Pakaian juga menjadi pertimbangan penting saat melakukan yoga. Kamu perlu mengenakan pakaian yang tepat agar bisa leluasa melakukan pose-pose yoga. Lalu, bagaimana cara menentukan pakaian yang tepat? Pertama pilihlah bahan yang lembut, halus, elastis, breathable dan menyerap keringat saat dikenakan. Pilihlah pakaian yang pas, menempel dan mengikuti bentuk tubuh saat bergerak. Tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Untuk wanita yang ingin beryoga coba pilih jenis sports bra dengan model high neck. Gunakan pula bawahan legging agar gerakan yoga bisa dilakukan secara maksimal. Pakaian dalam dengan renda juga tidak disarankan karena akan susah kering saat berkeringat, bisa membuatmu tidak nyaman.

4. Siapkan Peralatan Yoga

Jika kamu berencana melakukan yoga di rumah, siapkan peralatan dasar seperti matras yoga. Kamu boleh memilih warna dan corak sesukamu namun ada beberapa kriteria yang tak boleh terlewat sebab matras yoga fungsinya bukan sekedar sebagai alas saja. Temukan yoga mat yang cocok dengan kaki dan pilih bahan non-slip untuk menghindari tergelincir ketika kamu berkeringat. Kamu bisa memilih yoga mat dengan ketebalan 3mm sd 5 mm untuk melindungimu dari benturan langsung dengan lantai. Sebaiknya pilih yoga mat natural atau 100% berbahan karet. Selain eco friendly, yoga mat berbahan karet tidak mencemari lingkungan karena 100% bio-degradable. Meski tidak wajib kamu juga perlu mempertimbangkan memiliki peralatan lain seperti yoga strap (Resistance Band). Yoga strap merupakan karet gelang yang digunakan untuk melatih ketahanan dan menginduksi kontraksi otot. Menggunakan yoga strap ketika melakukan yoga akan sangat membantu terutama bila kamu seorang yogi pemula yang merasa kurang fleksibel dalam beberapa posisi.

5. Selalu Ikuti Instruksi dari Instruktur

Ketika pertama mengikuti kelas yoga, kamu mungkin akan mengalami kesulitan dalam beberapa bulan ke depan. Utamanya dalam melakukan gerakan-gerakan baru yang terasa menantang. Namun kamu tak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan terus focus dan rutin berlatih secara konsisten. Selalu ikuti tiap gerakan yoga dengan sungguh-sungguh sesuai dengan instruksi yang diarahkan oleh instruktur. Hal itu penting agar kamu terhindar dari risiko cedera selama beryoga. Mengingat kondisi fisik setiap orang berbeda, maka disesuaikan saja dengan kemampuan kamu. Jangan memaksakan diri. Penting pula untuk tak asal dalam melakukan tiap gerakan yoga karena bisa berakibat fatal. Untuk ibu hamil yang ingin melakukan yoga, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter demi keamanan.

article

Artikel Terkait Lainnya