Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

2020 Nirvana Plant-A-Tree Program

25 July 2022

oleh Nirvana Team

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Latar belakang Plant-A-Tree

Perubahan Iklim

Plant-A-Tree

Latar belakang Plant-A-Tree

Alasan sederhana dibalik Plant-A-Tree ini kembali lagi pada filosofi yoga. Sebagai seorang yogi, kita semua mengenal “We received what we give back”. Ini merupakan latihan dasar bagi seorang yogi untuk melepaskan diri dari kemelekatan. Jadi dengan memberi, kita belajar untuk tidak melekat (attached) pada sesuatu hal. Filosofi ini juga yang menggerakkan Nirvana untuk memberikan suatu kontribusi, yang dalam hal ini yaitu memberikan pohon, memberikan sebuah kehidupan. Nirvana berkontribusi untuk menanam satu pohon untuk setiap produk Nirvana yang terjual, jenis produknya apa saja, dari yoga mat, yoga props, pakaian, hingga pembersih yoga mat.

Kenapa memberi pohon sama dengan memberi sebuah kehidupan? Jadi pohon yang akan ditanam ini sepanjang hidupnya akan menghasilkan oksigen dan menyaring polusi udara. Disamping itu, pohon ini akan ditanam di lahan hutan yang gundul. Kita tahu bahwa isu dunia yang sedang mengemuka saat ini, perubahan iklim, tidak lepas dari akibat pembabatan hutan. Jadi dengan menanam pohon ini, kita semua ikut bersumbangsih dalam melawan perubahan iklim. Kita tidak perlu melihat jauh ke benua lain tentang dampak dari perubahan iklim, seperti kebakaran hutan yang meluas di Australia atau di Amerika Serikat.

Perubahan Iklim

Perubahan iklim yang mengakibatkan pemanasan global juga langsung kita rasakan di Indonesia. Meningkatnya permukaan laut akibat mencairnya es di kutub sudah terlihat dengan hilangnya pesisir-pesisir di Indonesia. Contoh sederhananya adalah Ibukota Jakarta. Selain sering dilanda banjir, permukaan laut yang terus meningkat membuat ilmuwan memprediksi bahwa 95% dari Jakarta Utara akan tenggelam pada tahun 2050 (https://www.bbc.com/news/world-asia-44636934).

Perubahan iklim mengakibatkan pemanasan global. Pemanasan global mengakibatkan cuaca yang tidak karuan, dan juga meningkatnya debit hujan yang turun. Gundulnya hutan juga salah satu faktor meluapnya air sungai karena akar-akar pohon yang biasanya menyerap air hujan tidak ada karena pohonnya ditebang. Tidak hanya itu saja, hutan yang gundul juga dapat menyebabkan tanah longsor. Akar-akar pohon pada dasarnya bekerja sebagai pengikat tanah sehingga tanah tidak mudah bergerak ketika debit air hujan yang tinggi membuat tanah gembur atau melunak.

Plant-A-Tree

Program Plant-A-Tree Nirvana ini merupakan program jangka panjang PT Nirvana Indonesia Yoga. Program ini juga didukung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Wampu Sei Ular. Kedepannya, melalui program Plant-A-Tree ini diharapkan semakin banyak pohon yang dapat ditanam demi kelestarian lingkungan.

article

Artikel Terkait Lainnya