Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Another Hidden Gem in Maumere:Beryoga Bersama Cassabonelly Yoga

27 March 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Keberadaan yoga saat ini sudah semakin populer dan dikenal masyarakat luas. 

Di berbagai belahan Indonesia, bahkan di bagian Timur tepatnya Maumere, Nusa Tenggara Timur, Cassabonelly menjadi tempat pertama dan satu-satunya yang menyediakan kelas yoga di Maumere.

Jadi tungguapalagi, bagi Anda yang berdomisili di Maumere dan sekitarnya, tak perlu bingung jika ingin berlatih yoga. 

Bisa langsung datang ke Cassabonelly Yoga yang berlokasi di Jalan Nasional Maumere - Larantuka, Runut, Waigete, Kabupaten Sikka.

Tim Nirvana Indonesia Yoga berbincang langsung dengan instruktur di Cassabonelly, Miss Sevin Kurniasari. 

Tak cuma membagikan keseruan beryoga di Cassabonelly saja, Miss Sevin juga turut membagikan perjalanannya dalam mengembangkan yoga di Maumere.

Penasaran? Simak keseruannya lewatartikel berikut ini.

Cassabonelly: RumahBagi Siapa Saja yang Datang

Cassabonelly sendirisebenarnya merupakan penginapan dan restoran. Akan tetapi,menyadari di Maumere belum ada kelas atau studio yoga, Miss Sevin memutuskan untuk membuka kelas yoga.

"Penginapan dan restoran ini milik adik saya yang tinggal di Australia. Saya senang yoga dan kebetulan disini belum ada pengajar yoga. Sedangkan saya memang pengajar yoga akhirnya saya putuskan buka studio yoga disini," cerita Miss Sevin.

Miss Sevinmengungkapkan bahwa kelasyoga sudah tersediasebelum penginapan dan restoran Cassabonelly dibuka. Tepatnya pada bulan April tahun 2021.

Ia berharap Cassabonelly bisa menjadi rumah bagi orang-orang yang datang ke sini, sesuai dengan artinya.

“Mulanya saya mengajarkan yoga secara cuma-cuma alias gratis kepadamasyarakat di sekitar Cassabonelly. Nah nama Cassabonelly yang pilih adik saya. Cassa diambil dari bahasa Italia yang artinyarumah. Sementara Bonellymerupakan gabungan dari nama pemilikyakni Bobby dan Nelly, yang merupakan adik ipar dan adik saya,” jelasnya

Kelas yoga di Cassabonelly tersedia untuk umum, tidak hanya untuk para pelancong yang menginap dan berwisata. Siapa saja yang ingin mengikuti kelas yoga, akan disambut dengan ramah. 

Bahkan ke depan, direncanakan akan dihadirkan programyoga wellness dan yoga retreat guna memperkenalkan manfaatyoga lebih dalamdan mendetail lagi.

Miss Sevin pun tidak membatasi jenis kelamin. Artinya, baik pria maupun wanita bisa mengikuti kelas yoganya. Begitu juga dengan usianya, siapa saja bisa turut serta.

“Untuk saat ini, kelas yoga yang saya pandu, rata-rata usia pesertanya di rentang 30 sampai 50 tahunan. Meski begitu pernahjuga ia mendapatkan murid yang usianya70 tahunan,” ceritanya.

Gurudan Tempat Yoga Satu-Satunya di Maumere

Istimewanya, Miss Sevin merupakan guru yoga pertama dan satu-satunya di Maumere. Ia mengakui jika sambutan dan antusias masyarakat Maumere terhadap yoga terbilang cukup tinggi.

Bahkan belakangan, permintaan untuk membuka studio yoga di Maumere Kota juga meningkat. Namun untuk saat ini, diakui Miss Sevin, ia belum bisa mengabulkan permintaan tersebut lantaran juga harus mengurus penginapan dan restoran Cassabonelly.

Meski begitu, Miss Sevin mengaku senang dan merasa asyik saat mengajarkan yoga di Maumere. Terlebih animo masyarakat Maumere terhadap yoga sangat bagus.

Mengingat Miss Sevin saat ini merupakan guru yoga satu-satunya di Maumere, ia pun berkeinginan kuat untuk membuat yoga semakin berkembang disini.

Beragam cara ia lakukan, mulai dari memberikan fasilitas yoga yang maksimal untuk masyarakat hingga mengundang guru dari luar wilayah.

Saat Anda di Maumere dan ingin berlatih yoga, cobain deh yoga di Cassabonelly, gak perlu repot bawa matras, Miss Sevin sudah menyediakannya. Bahkan tak hanya matras, alat bantu yoga lainnya seperti yoga block (balok) juga tersedia.

“Saya juga ingin mengundang guru yoga dari luar seperti Bali dan Flores. Bahkan juga ingin mengajar yoga bersama adik saya yang juga berkecimpung di yoga. Biar yoga di Maumere semakin mantap perkembangannya. Sehingga semakin banyak masyarakat yang turut manfaat kesehatan dari rutin beryoga,” harapnya.

Yoga Nidra, Ciri Khas Cassabonelly

Jika Anda berkunjung ke Maumere, jangan sampai tidak menyempatkan waktu untuk beryoga di Cassabonelly. Selain satu-satunya tempat yoga di Maumere, yoga di Cassabonelly juga punya ciri khasnya sendiri.

Miss Sevin selalu memberikan yoga Nidra di setiap akhir sesi yoga. Jadi jika Anda penasaran dan ingin tahu seperti apa yoga Nidra, langsung ke Cassabonelly saja.

Dijelaskan Miss Sevin singkat,yoga Nidra identikdengan "istirahat dalam kesadaran." Tujuan utama dari yoga Nidra adalah untuk mencapai relaksasi yang mendalam baik secara fisik maupun mental. Namun dengan tetap menjaga kesadaran secara penuh.

“Yoga Nidra bisa dibilangmirip dengan meditasi, namun tetap ada arahan dari saya dan hanya berlangsung singkat selama 3-4 menit saja. Biasanya saya kasih di akhir latihan yoga untuk merelaksasi tubuh dan menenangkan sistem saraf,” jelasnya.

YogaCiptakan Pribadi yang Rendah Hati

Sedari awal, Miss Sevin mengaku, ia awalnya tidak mengenal yoga. Ia lebih dulu menggeluti olahraga lain seperti nge-gym, zumba hingga aerobic.

Miss Sevin mengungkapkan jika yang lebih menyukai yoga adalah adiknya. Sehingga setiap kali adiknya ke Bali, selalu mengajaknya beryoga.Karena sebelum pindah ke Maumere,Miss Sevin berdomisili di Bali selama 7 tahun.

Saat awal-awal diajak sang adik untuk beryoga, Miss Sevin masih menolak. Hingga akhirnya saat pandemi, ia dituntut banyak bekerja dari rumah dan tiba-tiba mendapatkan informasi mengenai teacher training yoga.

“Saat itu tidakada bayangan untukmenjadi guru yoga.Namun tetap saya ikuti teacher training tersebut selamasatu bulan penuh.Tapi kok saya malah ketagihan, wah menarik ini saya pikir. Selama ini saya aktif gym, yang mana mengencangkan otot, sedangkan yoga melebarkan dan memanjangkan otot,” ceritanya

Kemudian usai menuntaskan teacher training, Miss Sevin awalnya hanya mengajar orang- orang terdekat saja. Berkat dukungan dari adik dan teman-temannya, Miss Sevin akhirnya mengajar yoga untuk umum, terlebih di Maumere belum ada guru yoga saat itu.

Selama hampir 4 tahun mendalami yoga hingga akhirnya menjadi seorang guru. Ada banyak hal yang dirasakan oleh Miss Sevin.Tak cuma manfaatsecara fisik, ia rupanya juga merasakan dampak positif bagi dirinya sendiri (kesehatan mental).

Miss Sevin mengakui, sebelum beryoga,ia merasa jumawalantaran aktif berkegiatan olahraga. Namun setelah beryoga, pola pikir dan mindset-nya pun berubah.

“Yoga menjadikan saya sebagai pribadi yang lebih bijak dan santai dalam menghadapi masalah. Bahkan lebih menjadi pribadi yang rendah hati dan berserah diri,” katanya.

Ada satu momen yang tak bisa ia lupakan dalam perjalanannya mengembangkan yoga di Maumere. Momen tersebut adalah saat mengajar yoga yang pesertanya pria semua.

“Tak tanggung itu selama dua bulan saya lakukan, benar-benar menjadi pengalaman menarik untuk saya,” kenangnya.

Itulah mengapalantas Miss Sevin berpesan bahwa yoga bukan diperuntukkan bagi perempuan saja, laki-laki juga bisa. Selain itu, yoga juga bukan hanya sekadar melakukan pose. Tetapi juga mengenai sebuah proses.

Jadi, tunggu apalagi, tak perlu ragu-ragu untuk beryoga bersama di Cassabonelly. Khususnya bagi Anda yang berdomisili atau tengah berlibur di Maumere dan sekitarnya. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung mengunjungi instagram-nya di akun @cassabonelly_yoga.

Dibimbing Instruktur Bersertifikat dan Berpengalaman

Meski pada mulanya Miss Sevin tidak menyukai yoga, namun sekarang yoga adalah bagian tak terpisahkan dari hidupnya. Sebagai pengajar yoga, Miss Sevin tak hanya mengajar, tapi juga belajar.

Miss Sevintelah menuntaskan beragamprogram sertifikasi yoga. Mulai dari sertifikasi sebagai guru yoga (RYT 200 Hours di Udana Yoga Academy, Bali) hingga mengikuti beragam workshop terkait yoga dan kesehatan tubuh.

Ia juga memiliki keinginan untuk mengikuti sertifikasi prenatal yoga. Meski begitu, diakuinya saat mengambil sertifikasi sebagai guru yoga di Bali juga sudah mempelajari prenatal yoga, namun masih dasar-dasarnya saja.

“Itulah mengapa saya ingin mengambil sertifikasi prenatal yoga secara khusus agar lebih mumpuni mengajarkan yoga untuk ibu hamil,” katanya.

Ketersediaan Kelas dan Harga

Jika Anda tertarik beryoga di Cassabonelly, terdapat tiga jenis yoga yang diajarkan oleh Miss Sevin di kelasnya. Ketiganya adalah Ashtanga, Vinyasa, dan Hatha Yoga.

Namun diakuinyadalam memberikan kelas yoga, Miss Sevin juga melihat audience-nya. Bila diketahui sudah pernah melakukan yoga sebelumnya, ia akan memberikan jenis yoga yang sedikit berpower.

Untuk beryoga di Cassabonelly, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp50.000 setiap kali datang untuk warga lokal (WNI). Sedangkan untuk tamu asing (WNA) dikenakan tarif sebesar Rp100.000.

Sementara untuk kelas private yang mengharuskan Miss Sevin datang ke lokasi, dibanderol biaya sekitar Rp200.000 - Rp250.000 per pertemuan, bergantung jaraknya. Sedangkan untuk tamu-tamu yang menginap biasanya tidak dikenakan biaya. 

FOTO 11

Terdapat pula kelas private bagi tamu asing dengan kapasitas maksimal 5 orang, dibanderol

biaya Rp250.000.

Kelas yoga tersedia dari Senin hingga Sabtu, dari pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA dengan rincian sebagai berikut. 

Silahkan kunjungi Instagram Cassabonelly Yoga di akun @cassabonelly_yoga untuk pendaftaran. Termasuk informasi lebih lengkap seputar update jadwal kelas, promo hingga melihat bagaimana serunya yoga disana.

article

Artikel Terkait Lainnya