Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

8 Manfaat Melakukan Hubungan Seks untuk Kesehatan

13 July 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur Lebih Nyenyak

Meredakan Sakit Kepala

Membantu Mencegah Kanker Prostat

Meredakan Kram Menstruasi

Mengurangi Stres

Hati Bahagia, Hubungan Lebih Kuat

Semakin Percaya Diri

Sumber Referensi

Manfaat seks sebenarnya tak hanya untuk memuaskan hasrat seksual. Diketahui, seks memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, baik bagi pria maupun wanita.

Manfaat dari hubungan seks ini sebenarnya bukan hanya dapat dirasakan secara fisik dari orang yang melakukannya, tetapi juga secara emosional, psikologis, intelektual, hingga sosial.

Seks sendiri merupakan salah aktivitas yang berhubungan dengan keintiman pada pasangan yang sudah menikah. Biasanya, aktivitas ini akan berlanjut ke orgasme serta adanya masturbasi.

Di sisi lain, seks ini sebenarnya berfungsi untuk menjalankan sistem reproduksi guna menciptakan kehamilan serta memiliki keturunan. Namun, beberapa studi lain menunjukkan bahwa seks juga bermanfaat untuk membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan libido, menjaga tekanan darah, bahkan mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

Berikut ini sudah ada manfaat seks untuk kesehatan.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Diketahui bahwa orang yang melakukan hubungan seks 1 hingga 2 kali per minggu akan memiliki imunoglobulin A yang jauh lebih baik. Begitu sebaliknya, imunoglobulin A pada orang yang jarang seks akan lebih sedikit.

Imunoglobulin merupakan salah satu antibodi yang akan berfungsi mencegah penyakit serta benteng pertahanan untuk melawan berbagai macam virus, khususnya human papillomavirus (HPV). Artinya, seks ini akan bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tidur Lebih Nyenyak

Ketika seks, tubuh nantinya akan melepas hormon oksitosin alias hormon cinta serta hormon endorfin yang menimbulkan rasa tenang di dalam diri.

Selain itu, seks ini juga akan melepaskan hormon prolaktin yang membuatmu mengantuk dan rileks, sehingga mampu tidur lebih nyenyak.

Tidur yang lebih nyenyak ini tentunya dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan, hingga memperpanjang usia. Khusus bagi wanita, tidur yang nyenyak juga mampu meningkatkan hasrat seksual pada keesokan harinya.

Meredakan Sakit Kepala

Ternyata seks juga dapat meredakan sakit kepala penuh dan sebagian alias migrain. Hal ini karena seks dapat memberikan rasa tenang serta meredakan berbagai macam rasa sakit.

Membantu Mencegah Kanker Prostat

Pria yang lebih sering berhubungan seks juga memiliki risiko kanker prostat yang lebih kecil dibandingkan yang tidak. Selain itu, diketahui bahwa pria yang mengalami ejakulasi 4-7 kali per minggu pasti memiliki risiko kanker prostat sekitar 36 persen.

Potensi risiko ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan pria yang hanya ejakulasi sekitar 2-3 kali per minggu. Tidak hanya itu saja, diketahui juga pria yang orgasme minimal 2 kali per minggu memiliki tingkat risiko kematian 50 persen lebih rendah dari yang jarang berhubungan intim.

Meredakan Kram Menstruasi

Manfaat seks bagi wanita rupanya juga mampu meredakan kram menstruasi serta pramenstruasi. Hal ini karena orgasme saat seks akan menghasilkan hormon yang mampu meredakan berbagai macam rasa sakit, khususnya kram di perut yang kerap muncul saat menstruasi maupun pramenstruasi.

Tidak hanya itu saja, berhubungan intim juga akan memberikan manfaat berupa meningkatkan produksi pelembab vagina, meningkatkan kesuburan, sampai melindungi rahim dari pertumbuhan jaringan di luar rahim.

Mengurangi Stres

Seks ternyata juga dapat mengurangi stres karena orgasme melepas hormon endorfin dan lainnya sehingga mampu meningkatkan suasana hati. Selain itu, seks ini dapat menurunkan tekanan darah yang biasanya meningkat saat seseorang sedang stres.

Hati Bahagia, Hubungan Lebih Kuat

Bagi mereka yang sudah menikah, seks ini dapat membuat hati lebih bahagia dan hubungan lebih kuat. Hal ini karena, seks memberikan rasa tenang maupun senang setelah berhubungan.

Kepuasan ini selanjutnya akan mampu meningkatkan rasa cinta serta kepercayaan terhadap pasangan, sehingga hubungan akan menjadi lebih kuat.

Semakin Percaya Diri

Studi juga telah menunjukkan bahwa orang yang sering melakukan seks, maka kepercayaan dirinya akan lebih meningkat.

Hal ini tentunya terjadi karena tubuh akan sering melepas hormon estrogen ketika berhubungan intim. Selain itu, seks juga sebenarnya dapat memberikan rasa senang maupun tenang, sehingga kepercayaan diri lebih mudah terbangun.

Manfaat dari seks yang terakhir yaitu mampu meningkatkan kesehatan mental serta dapat meredakan kecemasan.

Selain itu, seks ini juga dapat meningkatkan kemampuan memahami, mengidentifikasi, mengurangi tekanan akibat konflik emosional, mengekspresikan emosi, sampai meningkatkan kemampuan berpikir.

Nah, itulah beberapa manfaat dari hubungan seks untuk kesehatan. Pastikan kamu tidak gonta ganti pasangan secara sembarangan ketika berhubungan intim ya agar terhindar dari penyakit HIV maupun penyakit seksual berbahaya lainnya.

Sumber Referensi

Kurnia Azizah. 2021. Manfaat Seks untuk Kesehatan, Baik untuk Fisik, Mental hingga Hubungan Sosial [online] (https://www.merdeka.com/trending/matcont-manfaat-seks-untuk-kesehatan-baik-untuk-fisik-mental-hingga-hubungan-sosial-kln.html diakses 12 Juli 2023)  

Raka Lestari. 2019. Manfaat Melakukan Hubungan Seks untuk Kesehatan Mental [online] (https://www.medcom.id/rona/kesehatan/ob3MG2YK-manfaat-melakukan-hubungan-seks-untuk-kesehatan-mental diakses 12 Juli 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya